Perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Malang Selatan

Hari selasa ini, STNK motor saya sudah waktunya untuk diperpanjang, karena memang sudah berumur 5 tahun. Perpanjangan 5 tahunan berbeda prosedurnya dengan perpanjangan STNK yang biasa dilakukan tiap tahun, kalau biasanya yang dilakukan tiap tahun cukup hanya membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) saja yang hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja, itupun yang saya alami sendiri di Samsat Malang Selatan, karena standart pelayanan tiap-tiap Samsat bisa berbeda-beda.

Prosedur standart perpanjangan STNK tahunan di Samsat Malang Selatan sebagaimana yang saya alami adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan KTP, STNK asli, Tanda lunas Pajak asliΒ  dan BPKB asli kendaraan bermotor anda. Jangan lupa identitas KTP harus sama persis, termasuk alamatnya.
  2. Belilah stofmap yang banyak tersedia.
  3. Masukkan berkas-berkas tadi kedalam stofmap dan masukkan diloket pendaftaran diluar untuk proses verifikasi identitas, nanti akan dikasih formulir. Biasanya hanya butuh waktu kurang dari 5 menit, asal tidak terlalu antri.
  4. Bawa berkas ke loket perpanjangan STNK tahunan, hanya butuh waktu sekitar 1 menit.
  5. Pindah keloket kasir untuk membayar PKB.
  6. Selesai. Dan disemua loket, tidak ada tarikan dana lagi, kecuali hanya membayar pajaknya saja.

Sedangkan prosedur perpanjangan 5 tahunan prosedurnya sebagai berikut :

  1. Siapkan KTP, STNK asli, Tanda Lunas pajak asli, BPKB asli. Semua berkas tersebut difotocopy, dan dimasukkan kedalam stofmap.
  2. Belilah stiker cek fisik, diloket cek fisik, seharga 10 ribu rupiah, dan kita akan mendapatkan 2 sticker dan 1 lembar formulir.
  3. Mintalah kepada petugas untuk menggesek nomor rangka dan mesin pada stiker tadi. Jangan lupa sebelumnya siapkan obeng dan kunci pas untuk melepaskan onderdil penghalang nomor rangka dan nomor mesin kendaraan kita.
  4. Setelah digesek bawa kembali keloket cek fisik untuk diverifikasi. Cek fisik butuh waktu sekitar 10 menit.
  5. Setelah itu, daftarkan berkas kendaraan tersebut pada loket pendaftaran. Disini harus bayar pengganti Plat nomor kendaraan. Kebetulan karena hanya sepeda motor, diharuskan bayar 40 ribu, sesuai dengan tarif yang terpampang diluar loket.
  6. Mengisi formulir yang diberikan oleh petugas diloket pendaftaran
  7. Masukkan berkas keloket penomoran, disini agak lama menunggunya, sekitar 15 menit.
  8. Berikutnya berkas dimasukkan keloket BPKB, untuk mengganti tanda nomor kendaraan. Saat ini setiap 5 tahun sekali tanda nomor kendaraan akan diubah, sehingga BPKBpun perlu ditulis ulang.
  9. Proses berikutnya memasukkan berkas ke loket perpanjangan STNK 5 tahun.
  10. Menuju loket kasir untuk membayar pajak kendaraan bermotor.
  11. Mengambil STNK asli yang sudah jadi saat itu juga.
  12. Selain mendapat tanda lunas pajak asli dan STNK asli, kita mendapatkan juga surat jalan, karena tanda nomor kendaraan atau plat nomor baru bisa jadi setelah 1 bulan kemudian, dan BPKB baru akan selesai 3 minggu kemudian.
  13. Total waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam, dengan antrian yang cukup panjang.

Did you like this? Share it:

12 thoughts on “Perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Malang Selatan

  1. ms-room.com

    saatnya perpanjang stnk 5 tahun πŸ™‚
    butuh berbulan-bulan yeh emank?
    blm pengalaman nih…
    baru pngn berangkat nih perpanjang…
    moga sukses dah πŸ˜€

    thanx infonya

    1. hoeda Post author

      kalau dimalang untuk perpanjangan 5 tahunan cuma butuh waktu sekitar 30 menit mas, itupun lama dengan yang antri dengan check pisiknya

  2. die

    di daerah saya juga sebentar mas,kalopun lama karena harus antri dengan para pendaftar perpanjangan sebelumnya πŸ™‚

  3. Ngadimun

    Samsat kabupaten malang di talangagung sangat bertele-tele. untuk mengurus cetak stnk 5 tahunan harus lari bolak balik dari samsat ke polres dan kembali ke samsat di talangagung, karena loket bpkb berada di polres. Saya kira perlu penataan kembali sistem yang ada sekarang agar yang namanya samsat betul2 pelayanan satu atap. Pemohon tidak perlu lari2 kesana kemari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.