Rencana Pengembangan Masjid Al Haramain Makkah โ€“ Madinah

[FA_Lite id=”3296″]

Bagi anda yang pernah beribadah di kota suci Makkah dan Madinah, maka bersiaplah kehilangan memory nostalgia anda, ketika anda berkesempatan kembali mengunjungi kedua kota suci tersebut. Karena ternyata pemerintah Saudi Arabia, tidak hanya sedang merencanakan perluasan Masjidil Haram di Makkah saja, namun juga lingkungan disekitarnya jugal ingkungan disekitar Masjid Nabawi.

Milyaran riyal Saudi telah dipersiapkan oleh Kerajaan Saudi Arabia untuk perluasan dan pengembangan ini, direncanakan akan ada perluasan jalan raya disekitar masjid, penambahan hotel-hotel sebagai tempat penginapan, beberapa pusat perbelanjaan dan rumah sakit. Sehingga nantinya para jamaah haji, tidak lagi kesulitan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhannya, dan tidak lagi mengganggu kekhusyukan ibadahnya. Pendek kata, pengembangan ini akan mengubah sebagian besar wajah kota Makkah dan Madinah, menjadi kota modern dan futuristik.

Klik pada gambar untuk memperbesar

Sumber Klik Disini

Did you like this? Share it:

14 thoughts on “Rencana Pengembangan Masjid Al Haramain Makkah โ€“ Madinah

  1. ima

    Alhamdulillah, ada pengembangan kearah yang lebih maju dan modern dalam melindungi dan meningkatkan ketakwaan

  2. dhonie endong

    aku tidak rela mekkah dan madinah di buat sedemian rupa….
    apa maksud araja arab saudi membangun hotel di samping masjidil haram,,,,,,
    masjidil haram bukan tempat bisnis,,,,,
    itu tempat ibadah,,,,,,
    Allah Huakbar,,,,,,,,,
    ya allah maaf khan dosa hamba yang tidak bisa berbuat apa – apa melihat temapt mu di buat orientasi bisnis oleh raja arab itu,,,,,

  3. Taty

    astaghfirullah al’adzim dhonie……… jangan prasangka buruk begitu dong. saya yakin ini justru demi kepentingan umat banyak. Raja arab saudi insya allah sangat menjaga nilai-nilai spiritual dan insya allah amanah. Coba kita bayangkan apabila masjidil haram maupun Nabawi dibiarkan sesuai aslinya seperti dahulu apa mungkin akan bisa menampung jutaan umat yg beribadah kesana..??? Untuk sholat wajib 5 waktu sehari2 di dua tempat itu sangat penuh sesak apalagi pd saat musim haji besar tiba. Jadi sangat bagus apabila memang diperluas….. perlu diketahui bhw untuk saat ini masjidil haram lebih sempit dibandingkan dg nabawi padahal masjidil haram adalah pusat ibadah haji. Ya nggak dhonie ………….. jd serahkan pd ahlinya, yg penting bagaimana kt bs menjadi umat Nabi Muhammad n bs membuat tersenyum Rosullulloh. Panggillah kami agar bisa kembali menjadi tamuMu Ya Allah…….Ya Rosullulloh, Bimbinglah kami agar bisa ikhlas disetiap peran dan hasil n menjadi hamba yg selalu mensyukuri semua NikmatMu yg takterhingga. Maafkan kami yg kadang lalai akan nikmatMu……..Amin……

  4. mamit

    subhanallah…..semoga madinah-mekkah semegah apapun tidak akan kehilangan kesucian tempat2 ibadahnya…..semoga allah akan tetap menjaga kota2 suci tersebut…..
    Semoga allah akan memanggilku bersama keluarga tercintaku untuk kembali ke tanah suci untuk yg ke dua kalinya…amiin….

  5. H. suha nasution

    subahanallah , semoga dengan kemegahan mesjid al haram dan mesjid nabawi , membawa kesejukan bagi yang sholat di dalamnya dan mgikat qolbu kita untuk kembali menziarahinya, dan membuat masyarakat tuan rumah semakinm ramah menerima tamu Allah amin.

  6. jono joni

    pembangunan makah dan madinah dengan menggusur tempat2 bersejarah islam adalah salah satu program kafir.untuk melupakan ummmat atas perjuangan rasulullah.saat ditanyakan dimana rumah rasulullah?dimana rumah alarqam?dimana tempat bay’at aqobah genarasi mendatang tidak akan bisa menjawab.kemudian si kafir akan berkata: agamamu itu buatan manusia yang tidak ada jejaknya.lihatlah peninggalan heliopolis.lihatlah peninggalan mahenjo daro.lihatlah peninggalan syailendra. semua ada jejaknya.tapi kamu ummat islam mana jejak sejarahmu? jadi waspadalah saudaraku.saudi bukan penerus syariat rasulullah saw.saudi hanya kacung kapitalis.

    1. Firmansupardi

      ย kalau memberi komentar lihat dulu duduk persoalannya kan wajar bila di perluas krn alasannya utk mempermudah ibadah tempat bersejarah kan belum tentu di gusur/ spt tempat perpustakaan kan riwayatnya tempat Rasullullah tinggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.