RI tempati urutan ketiga dunia konsumen rokok (warning for Indonesian Smokers)

Jumat, 23/07/2010 11:56:46 WIB

Oleh: M. Sarwani

JAKARTA (Bisnis.com): Indonesia menempati urutan ketiga dunia sebagai konsumen rokok terbesar, mencapai 62 juta orang dan jumlah itu hampir setengah (46%) dari jumlah perokok di Asean.

“Tidak saja laki-laki yang menjadi kontributor utama, promosi produk tembakau telah diarahkan pada perempuan, anak dan remaja sebagai pasar potensial, bahkan balita dikabarkan telah menjadi korban ketagihan,” kata Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Bambang Wispriyono, dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis.com.

Dia menjelaskan hal itu berkaitan dengan rencana seminar Meningkatkan Harkat dan Martabat Konsumen dengan Informasi Jelas dan Benar tentang Produk Tembakau dan Perlindungan Hukum yang akan digelar Senin, 26 Juli.

Menurut dia, mengamuk dan membenturkan kepala karena rasa sakit ketika tidak mendapatkan rokok bukan perilaku habituatif biasa, tetapi menjadi testimoni dari karakteristik adiktif produk tembakau, jenis komoditas legal yang selama ini bebas dipasarkan.

Ketika sebagian besar masyarakat belum sadar karakteristik produk yang dibeli dan dikonsumsinya, sementara produk itu bersifat adiktif, mengandung zat kimia, dipasarkan secara massif, memberi dampak pada ekonomi rumah tangga, dan dampak kesehatan jangka panjang maka pemerintah wajib turun tangan memberikan perlindungan.

“Kegagalan pasar dan dampak eksternalitasnya menyebabkan produk konsumen tersebut tidak lagi merupakan ranah individu dengan pilihan bebas,” kata Bambang. (msw)

http://web.bisnis.com/umum/1id195290.html

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.