Selesaikan masalahmu itu kawan !

Banyak orang ketika menghadapi suatu masalah dam tidak menemukan jalan keluar yang seusai dengan keinginana hatinya, menjadi down atau merasa tidak tegar lagi. Kondisi ini akan semakin menjadi parah ketika masalah itu tidak kunjung selesai dan tidak pernah dicarikan jalan keluar yang bisa menyelesaikannya, walaupun setidaknya mengurangi efek negatifnya yang bisa membuat down tadi.

Tetapi sebenarnya kita tidak perlu terlalu khawatir apabila menghadapi situasi seperti itu, karena memang sudah menjadi standart penciptaan manusia, bahwa manusia itu memiliki sifat lemah dan suka berkeluh kesah tentang nasib yang sedang dialaminya (al-Ma’arij 20). Seakan-akan apa yang sedang dialaminya itu adalah kenyataan hidup akan akan melekat kepada dirinya untuk selamanya, dan tidak ada kemungkinan untuk dihilangkan.

Tetapi percayalah, Tuhan kita Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang itu, tidak akan membiarkan hambaNya bergelimang dengan kesusahan dan kesedihan yang berkepanjangan. Percayalah bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, sama halnya dengan setiap penyakit pasti ada obatnya. Hanya saja terkadang kita kurang percaya diri untuk mengakui bahwa kita mempunyai Tuhan yang Maha menentukan nasib kita sebagai hambaNya.

Tuhan tidak memberikan persyaratan yang muluk-muluk terhadap pertolongan yang akan diberikanNya, yang tidak akan bisa terjangkau oleh manusia untuk meraihnya. Tuhan tidak pernah sekikir itu untuk membantu kita. Bahkan terkadang kita yang tidak tahu diri dengan apa yang telah diberikan Tuhan.

Lihatlah persyaratan yang diberikan Tuhan untuk hambaNya yang sedang mengalami suatu masalah dalam kehidupannya, cermati dengan seksama, fikirkan secara mendalam. Tuhan hanya membuat satu persyaratan saja untuk menyelesaikan satu ataupun banyak permasalahan yang sedang kita hadapi, bertaqwalah kepadaNya (Al-Thalaq : 2).

Bahkan kalau kita bisa memenuhi satu persyaratan itu, Tuhan akan memberikan bonus yang sungguh akan menjadi sebuah surprise yang sudah menjadi janjiNya untuk menepati pemberian bonus itu (al-Thalaq : 3). Ada dua bonus yang akan diberikan Tuhan kepada kita, diantaranya Dia akan memberikan rejeki yang akan datang dari arah yang tidak disangka-sangka, dan yang kedua Dia akan mencukupi semua kebutuhan kita.

Baiklah kawan, tinggal dirimu sekrang menentukan, apakah akan tetap bergelimang dengan kesusahanmu itu ? atau kamu ingin menghilangkannya dari kehidupamu ?.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.