Teknologi Informasi dan Dunia Pesantren

Dunia pesantren yang mempunyai tugas sebagai lembaga pendidikan, diharuskan untuk selalu melakukan update terhadap informasi-informasi dan literatur yang mereka pergunakan. Selain itu dengan Teknologi Informasi, pesantren juga dapat membantu pesantren dalam hal penyebaran informasi tentang  profile, kegiatan dan bahkan management dipesantren tersebut.

Karena itu hari ini, Rabu 10 Juni 2009, diadakan Pelatihan Teknologi Informasi di Pesantren, yang diikuti oleh hampir seluruh pesantren di Malang Raya yang diadakan dipondok pesantern Modern Al Rifa’ie Ketawang Malang. Dalam pelatihan yang digagas oleh Forum Silaturrahmi Pengasuh Pondok Pesantren Malang, bekerja sama dengan salah satu penyedia jasa telekomunikasi selular yaitu Telkomsel, menghadirkan beberapa pembicara, diantaranya seperti Prof. DR. KH. Tolchah Hasan, Drs. H. Saifullah Yusuf (Wakil Gubernur Jawa Timur) dan Drs. H. Rendra Kresna BcKu, S.H., M.M., M.Pm. (Wakil Bupati Malang).

Prof. DR. KH. Tolchah Hasan

Prof. DR. KH. Tolchah Hasan

Dari pemaparan para pembicara dapat disimpulkan bahwa keberadaan Teknologi Informasi adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari, dan pesantren sebagai suatu lembaga yang mempunyai pengaruh yang sangat penting di masyarakat, mau tidak mau membutuhkan sarana untuk mengkomunikasikan keberadaan dan kebijakan-kebijakannya secara cepat dan dinamis kepada masyarakat sekitarnya.

Drs. H. Rendra Kresna BcKu, S.H., M.M., M.Pm. (Wakil Bupati Malang)

Drs. H. Rendra Kresna BcKu, S.H., M.M., M.Pm. (Wakil Bupati Malang)

dalam kesempatan yang sama, Telkomsel mengeluarkan produk kartu baru, yang merupakan turunan dari kartu AS yang selama ini sudah beredar luas dimasyarakat,  Kartu baru ini diberi nama KartunyASantri, dengan bebeberapa potongan harga yang cukup signifikan dalam penggunaannya. Kartu ini memeang dikhususkan untuk para santri dipesantren, sebagai bentuk komitmen Telkomsel untuk memajukan dunia pendidikan, salah satunya adalah pesantren. Hadir dalam kesempatan ini manager marketing Telkomsel Jawa-Bali, Syaiful Bachri dan manager marketing Telkomsel are Malang,

KartunyASantri

KartunyASantri

Pihak Telkomsel juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 5 pesantren berupa chip M-KIOS yang dapat dipergunakan  untuk membantu pemasukan keuangan bagi pesantren.

Syaiful Bachri, manager marketing Telkomsel Jawa-Bali

Syaiful Bachri, manager marketing Telkomsel Jawa-Bali

Acara ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Pengasuh PonPes Modern Al-Rifai’e Ketawang Malang, KH. Akhmad Zamakhsyari.

KH. Ahmad Zamakhsyari

KH. Ahmad Zamakhsyari

Did you like this? Share it:

5 thoughts on “Teknologi Informasi dan Dunia Pesantren

  1. millati afrah

    seru bangedh sekolah di pesantren yang menguasai berbagai teknologi yang telah berkembang, makasih pondokku tercinta
    PONDOK MODERN AL-RIFA’IE GDL MALANG JATIM

  2. Qomarul lail

    Kapan ya Telkomsel bersedi membantu terwujudnya sarana dan prasarana di Pesantren yang kami kelola ini?

  3. AL-RIFA'IE

    Makasih semuanya……….
    Al-Rifa’ie Jaya Terus untuk bentangkan sayap semakin inovasi dalam menegakkan panji-panji islam
    mari berdakwah melalui tekhnologi

  4. shinta

    al-rifa’Ie selalu ad dalam sanubariq,SEGENAP JIWAQ ADALAH AL-RIFA’IE,q BANGGA MNJADI SANTRI AL-RIFA’IE,ingat slogan yg selalu d brikan romo KH.AHMAD ZAMACHSYARI “AL-RIFA’IE TIDAK KEMANA2 TETAPI AL-RIFA’IE AD D MANA2”.SUKSES SELALU UNTUK AL-RIFA’IE

Leave a Reply

Your email address will not be published.