Televisi dengan tuner Digital

Setelah cukup lama memperhatikan berbagai macam informasi tentang televisi digital yang siarannya sudah mulai merambah beberapa kota dan daerah di Indonesia, akhirnya dengan sedikit kenekatan terbeli juga sebuah televisi yang sudah dilengakapi dengan tuner DVB-T2 yang bisa menangkap siaran televisi digital.

Ternyata belum banyak merk televisi yang sudah melengkapi produk televisinya dengan tuner digital DVB-T2 ini, hanya beberapa merk saja, itupun dengan ukuran yang cukup besar dan harga yang cukup tinggi. Padahal seharusnya produsen TV sudah harus bersiap dengan perubahan teknis penyiaran di Indonesia yang akan berubah total dari analog menjadi digital ditahun 2018 diseluruh wilayah Republik Indonesia. Tetapi bisa juga ini adalah trik pabrika televisi untuk menghabiskan stok barang-barang lama, dengan menjual televisi yang masih analog.

Dengan harga sekitar 3 jutaan, saya mendapatkan sebuah televisi LED berukuran 32 inch dan sudah dilengkapi dengan tuner digital DVB-T2, sehingga bisa langsung menangkap siaran televisi digital yang ada saat ini. Setelah proses searching beberapa menit, akhirnya ditemukan 7 channel TV digital di daerah Malang ini, diantaranya RCTI, MNCTV, GlobalTV, Service 1, Transtv, Trans7 HD dan Kompas TV.

Sayangnya dari 7 channel tersebut,  3 diantaranya sedang offline, jadi tidak muncul gambar apa-apa. Hanya siaran MNCTV, GlobalTV, Trantv dan TRans7 HD saja yang sementara ini dapat ditonton siarannya. Soal Kualitas gambar dan suara, antara siaran TV analog dan digital ini, tentu saja jauh berbeda. Pada siaran digital, gambar dan suaranya jauh lebih jernih daripada siaran tv analog, tidak ada bintik-bintik gambar dan tidak ada suara berisik. Mungkin setara dengan kualitas gambar kalau kita menonton DVD pada dvd player kita, atau bahan lebih ketika kita dapat menangkap siaran jenis HD (High Definition).

Bagi anda yang tetap ingin menggunakan televisi yang ada dirumah, cukup membelikan sebuah alat yang namanya Set Top Box, agar televisi anda bisa menangkap siaran digital. Harganya sekitar 300-ribuan. Sementara antena yang diakai adalah antena UHF biasa yang selama ini kita pakai.

Semoga kedepan semakin banyak siaran Televisi digital, dengan gambar dan suara yang cling…

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.