Tips memilih antena hotspot

Membangun sebuah hotspot bukanlah suatu hal yang mudah, tetapi perlu beberapa perhitungan-perhitungan yang cukup rumit agar jaringan yang akan kita bangun bisa beroperasi secara maksimal. Salah satu perhitungan yang tidak boleh kita sepelekan adalah pemilihan antena untuk hotspot ini, begitu banyak pilihan dewasa ini dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, dengan berbagai variasi harga yang cukup menarik.

Hotspot yang berguna untuk menyebarkan koneksi wifi diarea tertentu kepada para user memerlukan teknik-teknik khusus dalam memilih antena penyebarnya, diantara hal-hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi atau area yang akan kita pasangi hotspot ini, apakah hanya disatu ruangan terbuka atau tertutup, atau mungkin diarea yang bersekat-sekat.

Ada 2 macam antena yang biasa dipakai untuk hotspot ini, yaitu antena omni dan antena sektoral. Antena omni akan menyebarkan wifi ke segala penjuru arah atau 360 derajat disekitar antena tersebut. Sedangkan antena sektoral hanya menyebarkan wifi ke satu arah tertentu saja, biasanya hanya mencakup 60 derajat arah depan antena, sementara arah belakang antena tidak akan mendapatkan sinyal wifi secara maksimal.

Selain itu perlu diperhatikan juga sepesifikasi hardware antena, karena terkadang ada beberapa antena yang hanya mampu menerima beberapa user sekaligus (concurrent user), antena seperti ini biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Sementara antena yang dapat menerima banyak user sekaligus, bahkan sampai 50 lebih user dalam sekali waktu, dijual dengan harga yang lebih mahal.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.