Ukuran bumi dibanding dengan bintang-bintang yang lain

Sejak kecil, atau tepatnya sejak kita mengenal bangku sekolah di tingkat dasar, kita sudah diajari tentang isi alam semesta ini, mulai dari planet-planet, bintang-bintang, dan benda-benda angkasa yang lainnya. Bahkan diceritakan juga bagaimana ukuran benda-benda langit itu, yang  jauh lebih besar daripada bumi yang sedang kita pijak ini, dan bisa dibilang kalu bumi yang kita tinggali ini tidak ada apa-apanya berbanding dengan ukuran benda-benda langit yang lain.

Tapi semua itu sungguh susah untuk kita bayangkan, karena angan-angan kita mengalami kesulitan untuk menggambarkan ukuran benda-benda langit itu, sehingga cerita-cerita tersebut tidak lagi membekas dalam benak kita, apalagi merasuki relung hati kita, yang pasti akan “terpana” oleh ciptaan Yang Maha Besar.

Akan tetapi kita bisa membayangkannya lebih mudah sekarang, karena kita bisa melihat perbandingan bumi kita dengan benda-benda langit yang lain melalui gambaran visual sebuah video. Maka mari lepaskan kesombongan akal kita, bayangkan betapa kecilnya kita, betapa tidak bernilainya kita, dibanding dengan benda-banda ciptaan Tuhan yang begitu besar itu.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.