Upgrade ROM Android

Tampaknya penyakit yang pernah saya alami beberapa tahun yang lalu, belakangan ini kembali muncul. Penyakit yang sebenarnya bisa saja saya tinggalkan, tetapi cukup susah untuk saya lupakan begitu saja. Ngoprek, itulah penyakitnya. Kalau anda kurang begitu faham dengan istilah ngoprek, mungkin dalam atian lain bisa disebut dengan proses instalasi software ataupun hardware. Beberapa tahun yang lalu, saya sangat menyukai instalasi software di PC, kemudian berlanjut ke laptop dan sekarang yang terakhir ini kesenangan tersebut tersalurkan pada HP berOS Android saya.

Awalnya memang agak menegangkan, karena khawatir terjadi kesalahan sehingga mengakibatkan MATOT atau mati total, namun setelah mengumpulkan informasi dibanyak forum dan website yang menyatakan bahwa resiko MATOT itu akan sangat kecil peluangnya, oleh karena instalasi OS hanya mengutak-atik software, tidak akan sampai mengakibatkan dampak buruk bagi hardware HP. Maka dengan berbekal sedikit nyali, mulailah saya melakukan instalasi OS Android.

Awalnya saya coba dengan ROM official dari foxconn, kemudian dilanjut  ke ROM dari besutan Firetrap dan terkahir saya sedang mencoba menggunakan ROM bikinan Cyanogen. Masing-masing ROM memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, terutama terkait dengan beberapa fasilitas pada Hp smartphone yang tidak dapat berfungsi secara ideal, misalnya batere agak boros, wifi didapat berfungsi normal, dan beberapa hal lain yang dianggap sebagai suatu kekurangan dari ROM tersebut, shingga kemudian perlu dilakuan pengembangan atas ROM tersebut.

Saya perhatikan ROM yang paling banyak dan paling cepat pengembangannya adalah ROM yang dibuat oleh Cyanogen, hampir setiap 5 hari sekali muncul update ROM terbaru. Sehingga membuat semakin gatal tangan ini untuk segera melakukan instalasinya pada HP saya.

Untuk saat ini saya sedang menggunakan [Rom 2.3] Cyanogen MOD 7 for Z71 – Build 34, yang kompatibel dengan beberapa device diantaranya; Commtiva Z71, Apanda A60, Chinavision Excalibur, Cincinnati Bell Blaze, Gigabyte Gsmart G1305, Motorola XT502, Muchtel A1, Optimus Boston, Orange Boston, Spice Mi-300, Vibo A688 and Wellcom A88.

Bila anda berkeinginan untuk mencobanya, silahkan klik disini

Did you like this? Share it:

17 thoughts on “Upgrade ROM Android

  1. zai

    mas punten, mau tanya..
    saya beli hape second “HTC legend” nah itu udah ada di root, trus keformat memory internal dan sdcard tp rootnya masih ada “Alhamdulillah”. Nah apakah klo saya upgrade dari froyo ke gingerbread rootnya bakal ilang?
    trus saya sudah menginstall rom manager, tapi ga bisa di flash (gagal waktu autentikasi waktu download), katanya ga ada clockword`nya. memang clockword itu apa ya mas? ada cara lain kah buat flash?
    rom manager itu bebas ya walaupun pke froyo atau gingerbread trserah plh rom manager yang mana aja?

    maaf ya mas banyak tanya…
    maklum beli hape second tapi ga ada gurunya…

    trims before atas perhatian dan jawabannya… 🙂

    NB: klo berkenan bales jg ke email saya

    1. hoeda Post author

      wah pertanyaanya banyak sekali mas hehehe, mungkin kapan-kapan saya tuliskan artikelnya deh supaya jawabannya lebih lengkap…
      tapi secara singkat jawabannya gini mas, menurut sepengetahuan saya:
      1. soal root, coba mas pake ROM yang udah rooted aja biar ga ribet
      2. Nah untuk instalasi ROM ini memang ada beberapa ROM mas, ada yang instalasinya pake SUT, ada juga yang pake clockwork, beda caranya itu.
      3. Rom Manager hanya mau untuk instalasi ROM yang formatya ZIP bukan Nb0.
      segitu aja dulu mas… segera saya buatkan tutorial flashnya hehehe…

  2. febri

    mas, saya mau tanya, kemarin samsung galaxy ace saya mati total, setelah saya nginstal aplikasi ROM manager dan menjlankannya, itu apanya ya mas??

    moohon pencerahan…

    1. hoeda Post author

      ROM manager itu aplikasi yang gunanya untuk proses install ulang ROM Android mas, kalau gadgetnya belum di root memang kadang seperti itu jadinya…

  3. Awank

    Mas,saya pnya pengalaman yg -/+ sama dgn febri diatas.
    Saya nginstal rom manager,jalanin,trs mati total. Bedanya saya sudah root (pake z4).
    Itu kenapa? &apa yg hrs saya lakukan spy SGA saya normal lg?
    Mohon pencerahannya,terimakasih.

  4. Sandy

    mas tolong bantuannya galmin saya baru aja diroot trs saya instal rom manager.. saya jalanin lalu karna saya kurang ngerti,, ada pilihan msk recovery mode lalu pilih yes.. eh, malah mati total!!! biar bs nyala lg hrs diapain ya???

  5. tantan

    Mas,,,Maaf mo tanya jg. Kasus yang saya alami sama dengan Mas Febri, yaitu MaTot. Tp HP nya Samsung Galaxy Mini..Nah yg mau saya tanya bgmn cara ngiddupin nya lg tuh HP???
    Bingung mas asli,,Saya nya New User 😀
    Tolong di bantu y , Prok,,Prok,,Prok 🙂

    1. hoeda Post author

      kalau memang masih matot, coba hard reset mas
      caranya tekan HOME+POWER
      semoga berhasil

      1. anto

        Mas, galaxy saya juga matot setelah install ROM Manager, dah lepas batere dan HOME+POWER tapi masih blm berhasil juga…mohon pencerahannya..

        1. hoeda Post author

          coba di Hard Reset mas, pake tombol2 kombinasi
          Untuk tombol mana saja yang harus di pencet, biasanya ada dimanual masing2 HP

  6. Rockcha

    mas kalo hp galaxy mini mati total karena gagal flashing gimana cara memperbaikinya denger denger sampe mesinnya diganti gitu ???????????

    1. hoeda Post author

      wah sayangnya daya tidak begitu faham dengan SGM ini mas, mungkin ya harus begitu…

  7. Deni

    mas saya mau nanya, gimana cara install ulang OS android Fruyo ato yg lain deh.. soalnya saya ada HP SGM yg bootingnya lama dn g bisa msuk OS. Gimana solusinya?

    1. hoeda Post author

      udah dicoba reset HPnya, biar kembali seperti semula, tapi jangan lupa untuk backup data2 pentingnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.