Workshop Metodologi Penelitian

Seiring dengan upaya untuk pengembangan kompetensi dosen dilingkungan STAI Al-Qolam Gondanglegi dalam bidang penelitian sebagai salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka mulai hari Jum’at sampai sabtu, tanggal 6-7 Juni 2006, diadakan LP3M STAI Al-Qolam mengadakan Workshop Metodologi Penelitian. Workshop ini dikuti oleh seluruh dosen dilingkungan STAI Al-Qolam Gondanglegi, dengan narasumber dari Universitas Islam Negeri Malang (UIN Malang), yakni Dr. HM. Mujab M.A. dan DR. H. Agus Maimun M.Pd.

Workshop dimulai pada jam 14.00 WIB dan berakhir pada jam 18.00 WIB, dibuka secara langsung oleh Pembantu Ketua STAi Al-Qolam Drs. M. Jazari M.Hi, yang mewakili Ketua STAI Al-Qolam yang berhalangan hadir. Dan dilanjutkan dengan materi sesi pertama tentang Paradigma Penelitian Kualitatif yang disampaikan oleh DR. Agus Maimun M.Pd, dan dilanjutkan dengan dengan materi sesi kedua tentang Studi Teks/Kajian Tematik yang disampaikan oleh DR. HM. Mujab M.A. Dan pada bagian akhir sesi kedua ini disepakati bahwa seluruh dosen diharuskan membuat rancangan proposal penelitian yang akan dipresentasikan pada keesokan harinya, Sabtu 7 Mei 2008.

Hari Sabtu, 7 Juni 2008, Berlangsung seru dan bersemangat, karena terjadi dialog interaktif antara dosen yang mempresentasikan proposalnya, dengan dosen-dosen lain yang hadir pada saat itu. Bahkan seakan waktu mengalir tanpa terasa, sehingga batasan waktu terlampaui. Pada hari sebelumnya diperkirakan acara workshop akan selesai menjalang maghrib, tetapi karena begitu antusiasnya para dosen untuk melakukan presentasi, menyebabkan acara baru ditutup pada jam 18.00 wib, oleh Ketua STAI Al-Qolam, HM. Taqrib S.H., M.H., yang berkenan hadir pada saat itu.

Dari hasil pembuatan proposal penelitian yang diajukan para dosen, dapat terlihat bahwa mareka lebih cenderung untuk mendalami penelitian kualitatif. Beberapa pertimbangan yang diajukan diantaranya karena lebih dekat dengan objek penelitian, dalam hal ini adalah masyarakat.

Did you like this? Share it:

One thought on “Workshop Metodologi Penelitian

  1. muhammad khofifi

    AYO…………………..!!!! AL QOLAM BANGKITKAN SEMANGATMU CAPAI
    CITA2MU UNTUK MENCETAK CIVITAS AKADEMIKA YANG BERKUALITAS, HIDUP AL
    QOLAM-HIDUP AL QOLAM HIDUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUP. UNTUK TIM
    AKREDITASI SEMOGA SEHAT SELALU DAN SEMOGA LANCAR RIZKINYA DAN
    SEMOGA TETAP DALAM LINDUNGAN ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA. DO’A KAMI
    MENYERTAI ANDA SEKALIAN KET SEMESTER VI

Leave a Reply

Your email address will not be published.