Yoga; kenapa harus haram?

Beberapa hari terakhir ini, para penikmat meditasi yoga sedikit mengalami kegoncangan, terkait dengan munculnya fatwa haram dari Dewan Fatwa Nasional Malaysia. Semnetar itu Majelis Ulama Indonesia lebih terkesan berhati-hati dengan masalah ini, terlihat dibeberapa pemberitaan media massa MUI sedang marathon menggelar rapat untuk memutuskan nasib yoga ini.

Setidaknya kalau sekilas kita perhatikan ketetapan haramnya yoda dari Dewan Fatwa Malaysia itu, yoga haram karena mengandung elemen-elemen spiritual, pemujaan dan puji-pujian yang biasa dipergunakan oleh agama lain. Dan dalam Islam hal tersebut memang tidak diperbolehkan, karena bisa jadi nantinya elemen-elemen spiritual, pujian dan pemujaan itu bisa menyatu dengan pelaku yoga itu sendiri, walaupun pada awalnya dia tidak mengerti apa yang dibacanya itu. Dengan kata lain, pelaku yoga akan ‘membaca niat’ beryoga itu sebelum dia memulai beryoga, ‘niat’ inilah yang menyebabkan yoga itu menjadi haram.

Kalau saja hanya diambil sisi oelah raga dan oleh tubuhnya saja, tidak akan muncul permasalahan seperti ini, karena dalam beberapa riwayat, Rasulullah SAW juga melakukan olahraga.

Nah kalau sudah demikian, apakah memungkinkan kalau ‘niat’ yoga tadi dimodifikasi disesuaikan dengan keyakinan pelaku yoganya ? Misalnya, saya sebagai muslim yang juag ingin beryoga, kenapa tidak menggunakan elemen-elemen spiritual, puji-pujian dan pemujaan yang Islami ? Kalau saja itu bisa dilakukan, mungkin akan semakin banyak orang yang tertarik beryoga.

Did you like this? Share it:

8 thoughts on “Yoga; kenapa harus haram?

  1. Fa

    beberapa waktu lalu, jauh sebelum fatwa malaysia itu lahir, saya pernah melihat acara yoga di tvri (klo nggak salah) yang dipimpin seorang muslim, dia baca mantranya diganti dengan doa dan dzikir.

    saya pikir yoga tak harus diharamkan begitu saja, klo bisa

  2. durh5

    sebenarnya shalat, kalo dilakukan dengan benar, akan jauh lebih manfaatnya ketimbang yoga. tinggal kita mo bener shalat ato tidak???

  3. Taufiqurrohman Marsum Agil

    bener yoga gak masalah, asal niatnya gak melenceng dari aqidah.
    karena semua amal tergantung pada niatnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.